(OFFICE WORK)
1. Kantor adalah :
Tempat diselenggarakannya kegiatan menangani informasi
Proses menangani informasi, mulai dari menerima, mengumpulkan, mengoilah, menyimpan, sampai menyalurkan atau mendistribusikan informasi.
Setiap tempat dimana pekerjaan kantor dilakukan, dengan sebutan apapun terhadap tempat tersebut.
Unit organisasi yang terdiri dari tempat, staf personalia dan operasi ketatausahaan guna membantu pimpinan.
2. Menurut JC. Denyer fungsi kantor adalah untuk memberikan pelayanan komunikasi dan warkat (surat menyurat) yang secara terinci adalah sebagai berikut :
Untuk menerima informasi misalkan surat-surat, harga, kutipan, dan sebagainya.
Untuk mencatat keterangan misalkan persediaan, harga, dan data-data kepegawaian.
Untuk menyusu keterangan misalkan pembiayaan, pembukuan, dan sebagainya.
Untuk memberikan keterangan misalkan faktur-faktur penjualan, estimasi harga, dan sebagainya.
Untuk menjamin asset misalkan uang tunai, persediaan, dan sebagainya.
Hakekat pekerjaan kantor adalah sebagai berikut :
Mengumpulkan keterangan
Mencatat keterangan
Mengolah keterangan
Menggandakan keterangan
Mengirim keterangan
Menyimpan keterangan
Tiga pokok peranan kantor yaitu :
Melayani pelaksanaan pekerjaan operasional guna membantu pelaksanaan perkerjaan pokok untuk mencapai tujuan organisasi
Menyediakan keterangan bagi pimpinan organisasi untuk membuat keputusan atau membuat tindakan yang tepat
Membantu melancarkan kehidupan dan perkembangan organisasi secara keseluruhan
Manfaatnya adalah :
Kelancaran pekerjaan kantor dan mencegah kemungkinan kesalahan dalam pekerjaan
Mengurangi keterlambatan atau hambatan
Kontrol yang lebih baik terhadap pekerjaan
Penghematan tenaga kerja dan biaya tata usaha
Koordinasi berbagai seksi dan bagian dalam organisasi
Kemudahan dalam melatih para pegawai tata usaha