SILABUS
Nama Sekolah : SMP PGRI 2 Somagede
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : IX/I
Standar Kompetensi 1 : Mendengarkan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Mendengarkan dan memahami isi pidato adat | Pidato adat | - Mampu menyebutkan dan menuliskan topik pidato adat yang didengar
- Mampu menceritakan kembali isi pidato yang didengar dengan bahasa sendiri
- Mampu membuat rangkuman isi pidato
| - Mendengarkan pidato adat
- Menentukan topic pidato yang didengar
- Membuat rangkuman isi pidato yang didengar
| Tertulis lisan | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
1.2 Mendengarkan dan memahami isi sandiwara radio | Sandiwara radio | - Mampu menyebutkan dan menuliskan topic sandiwara radio yang didengar
- Mampu membuat rangkuman cerita sandiwara yang didengar
- Mampu memperagakan tokoh dari cerita sandiwara yang didengar
| - Mendengarkan sandiwara radio
- Merangkum isi cerita sandiwara radio yang didengar
- Memperagakan tokoh yang ada dalam cerita sandiwara
| Tertulis lisan | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
1.3 Mendengarkan dan memahami tembang macapat | Tembang macapat | - Mempu menjelaskan dan menuliskan isi tembang
- Mampu menyebutkan dan menuliskan nilai-nilai yang terkandung dalam tembang macapat
| - Menyanyikan salah satu tembang macapat
- Mengubah syair tembang macapat menjadi prosa
- Menemukan pesan yang terkandung dalam tembang macapat
| Tertulis lisan | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
1.4 Mendengarkan dan memahami isi sandiwara radio | Sandiwara radio | - Mampu menyebutkan dan menuliskan perwatakan tokoh dalam cerita sandiwara yang didengar
- Mampu membuat rangkuman cerita sandiwara yang didengar
| - Mendengarkan sandiwara radio
- Menyebutkan watak tokoh dalam sandiwara yang didengar
- Membuat rangkuman cerita sandiwara yang didengar
| Tertulis lisan | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
Standar Kompetensi 2 : Berbicara
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1 Berdialog dengan berbagai lapisan masyarakat | Dialog | - Mempu berkomunikasi/berdialog dengan orang lain, baik secara tertulis maupun lisan dengan menggunakan kalimat perintah dan permintaan yang baik dan benar sesuai dengan unggah-ungguh basa yang benar
| - Mengubah bahasa dalam dialog, dari basa karma menjadi basa ngoko
- Memperagakan dialog dengan teman
| Tertulis praktek | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
2.2 Menceritakan kembali isi ceramah/bacaan yang didengar (missal : bacaan tentang cerita rakyat, dan sebagainya) | Cerita rakyat | - Mampu menyampaikan ringkasan cerita/bacaan dengan berbagai ragam bahasa jawa
- Mampu menjelaskan isi bacaan
| - Membaca ceita rakyat
- Menceritakan isi berita rakyat
- Membuat ringkasan cerita (synopsis)
| Tertulis lisan | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
| | - Mampu menceritakan peristiwa actual dalam berbagai ragam bahasa jawa
- Mampu memberikan tanggapan terjadap peristiwa-peristiwa actual
| - Menceritakan salah satu peristiwa yang baru terjadi di Indonesia
- Memberikan tanggapan terhadap peristiwa actual
| Tertulis lisan | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
| | - Mampu berkomunikasi/berdialog dengan orang lain, baik secara tertulis maupun lisan dengan menggunakan kalimat perintah dan permintaan yang baik dan benar sesuai unggah-ungguh yang benar
- Mampu menuliskan wacana dialog sesuai dengan unggah-ungguh bahasa jawa
| - Menerangkan isi dialog
- Mengubah bahasa dalama dialog menjadi basa krama alus
| Tertulis lisan | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
Standar Kompetensi 3 : Membaca
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1 Membaca nyaring (bersuara) teks bacaan sastra, misalnya tentan panyandra | Teks bacaan sastra | - Mampu membaca bacaan dengan lafal, intonasi, dan irama yang sesuai
- Mampu menjelaskan maksud bacaan
| - Mengungkapkan maksud dari bacaan yang dibaca
- Menjelaskan maksud dari contoh candra
| Tertulis lisan | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
3.2 membaca dan memahami bacaan sederhana berhuruf jawa kurang lebih 15 kalimat (3 alinea) | Bacaan menggunakan huruf jawa | - Mampu membaca lancar bacaan sederhana berhuruf jawa
- Mampu menceritakan isi bacaan dengan berbagai ragam bahasa jawa
- Mampu menulis kembali bacaan dengan huruf latin
- Mampu menjawab pertanyaan bacaan
| - Membaca bacaan berhuruf jawa
- Menjawab pertanyaan
- Menjelaskan maksud/isi bacaan menggunakan bahasa sendiri
- Menyalin/menulis huruf jawa menjadi huruf latin
| Tertulis praktek | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
3.3 Membaca bacaan sastra (missal :geguritan, cerkak, dongeng, dan sebagainya) | Bacaan sastra | - Mampu membaca indah sebuah karya sastra
- Mampu menceritakan isi bacaan dengan berbagai ragam bahasa jawa
- Mampu menulis susastra ringan/sederhana
| - Membaca cerkak
- Menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri
- Membuat ringkasan cerkak menggunakan basa karma alus
- Menulis susastra sederhana
| Tertulis praktik | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
3.4 Membaca dalam hati (tidak bersuara) dan memahami isi bacaan, missal tentang tata cara dan upacara adat, dan sebagainya | Bacaan tatacara dan upacara adat | - Mampu menyebutkan dan menuliskan topic bacaan
- Mampu menjawab pertanyaan bacaan baik secara tertulis dan lisan
- Mampu menyebutkan dan menuliskan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam bacaan
| - Membaca bacaan tentang ruwatan
- Menjawab pertanyaan
- Membuat synopsis
- Menyebutkan dan menuliskan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam bacaan
| Tertulis lisan | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
Standar kompetensi 4 : Menulis
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1 Menulis susastra sederhana, (missal:cerkak, geguritan, dongeng, dan sebagainya) | Cerita cekak | - Mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahsa jawa
| - Membuat karangan yang isinya menceritakan pengalaman pribadi
| Tertulis | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
4.2 Menulis susastra sederhana, (missal:cerkak, geguritan, dongeng, dan sebagainya) | Geguritan | - Mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahsa jawa
| - Membuat geguritan dengan bahasa daerah masing-masing
| Tertulis | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
4.3 Menulis susastra sederhana, (missal:cerkak, geguritan, dongeng, dan sebagainya) | Dongeng | - Mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahsa jawa
| - Membaca dongeng
- Menyebutkan isi dongeng
- Membuat dongeng
| Tertulis lisan | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
4.4 Menulis susastra sederhana, (missal:cerkak, geguritan, dongeng, dan sebagainya) | Cerita cekak | - Mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahsa jawa
| - Membuat cerita cekak dengan tema bebas
- Mencari cerkak di majalah
- Menulis rangkuman cerkak
| Tertulis praktik | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
Standar kompetensi 4 : Menulis
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
5.1 Mengapresiasi susastra jawa. Misal :geguritan, tembang, cerkak, dongeng, cerita wayang, dan sebagainya | Tembang Dhandang gula "Tripama" | - Mampu membuat rangkuman isi bacaan
- Mampu menulis kembali bacaabdengan berbagai ragam bahasa jawa yang benar
| - Mengetahui isi tembang dhandang gula tripama
- Membuat synopsis tembang tripama
| Tertulis | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
5.2 Mengapresiasi susastra jawa. Misal :geguritan, tembang, cerkak, dongeng, cerita wayang, dan sebagainya | Tembang sinom Malatsih | - Mampu menulis kembali cerita dalam bentuk tulisan lain, misal prosa
- Mampu menuliskan isi/pesan menembangkan tembang macapat
| - Mengubah tembang sinom menjadi prosa
- Menembangkan tembang sinom Milatsih
- Menuliskan pesan menembangkan tembang macapat
| Lisan
Tertulis | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
5.3 Mengapresiasi susastra jawa. Misal :geguritan, tembang, cerkak, dongeng, cerita wayang, dan sebagainya | Cerkak | - Mampu menceritakan kembali isi cerita dalam berbagai ragam bahasa jawa
- Mampu menjelaskan dan menuliskan isi/pesan bacaan
- Mampu membuat rangkuman isi bacaan
| - Membaca bacaan
- Menceritakan kembali isi cerita
- Menjelaskan dan menuliskan isi dan pesan bacaan
- Membuat rangkuman isi bacaan
| Tertulis lisan | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
5.4 Mengapresiasi susastra jawa. Misal :geguritan, tembang, cerkak, dongeng, cerita wayang, dan sebagainya | Cerita wayang | - Mampu menceritakan kembali isi cerita dalam berbagai ragam bahasa jawa
- Mampu menjelaskan dan menuliskan isi/pesan bacaan
| - Membaca cerita wayang
- Menceritakan isi cerita dengan bahasa daerah
- Menuliskan pesan yang ada dalam cerita wayang
| Tertulis lisan | 2 x 40 menit | - Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
- Buku lain yang relevan
|
Mengetahui Somagede, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
SYAKIM HIDAYAT WARTINI, S.Pd