Silabus SMP bahasa daerah kelas VIII semester I bahasa Jawa

SILABUS


 

Nama Sekolah        : SMP PGRI 2 Somagede

Mata Pelajaran    : Bahasa Jawa    

Kelas/Semester    : VIII/I


 

Standar Kompetensi 1 : Mendengarkan

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1 Mendengarkan dan memahami isi berita (misal : rekaman siaran berita dalam bahasa jawa, berita media masa bahasa jawa yang dibacakan, dsb)

Warto

  • Mampu menuliskan pokok-pokok berita
  • Mampu memberikan tanggapan terhadap berita yang didengar
  • Mampu menjawab pertanyaan bacaan/berita
  • Mendengarkan berita yang dibacakan
  • Menulis isi pokok-pokok berita
  • Tertulis
  • Praktek

2 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

1.2 Mendengarkan dan memahami iklan (misal : iklan obat, alat pertanian, dsb)

Iklan obat

  • Mampu memberikan tanggapan tentang iklan yang didengar
  • Mampu menuliskan maksud iklan
  • Mampu menjawab pertanyaan bacaan/iklan yang didengar
  • Mendengarkan iklan obat yang dibacakan
  • Menuliskan maksud iklan obat
  • Memberikan tanggapan terhadap iklan
  • Tertulis
  • Praktek

1 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

1.1 Mendengarkan dan memahami isi berita (misal : rekaman siaran berita dalam bahasa jawa, berita media masa bahasa jawa yang dibacakan, dsb)

Bacaan berita

  • Mampu menuliskan pokok-pokok berita
  • Mampu menjawab pertanyaan bacaan/berita
  • Mendengarkan berita yang dibacakan
  • Menuliskan isi pokok-pokok berita
  • Menjawab pertanyaan berita
  • Tertulis
  • Lisan

1 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

1.1 Mendengarkan dan memahami isi berita (misal : rekaman siaran berita dalam bahasa jawa, berita media masa bahasa jawa yang dibacakan, dsb)

Berita radio

  • Mampu memberikan tanggapan terhadap berita yang didengar
  • Mampu menjawab pertanyaan bacaan/berita
  • Mendengarkan berita yang dibacakan
  • Memberikan tanggapan/pendapat mengenai berita yang dibacakan
  • Menceritakan isi berita yang dibacakan
  • Tertulis
  • Lisan

2 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

1.5 Mendengarkan dan memahami cerita yang dibacakan (misal : cerita lakon wayang, cerita rakyat, cerita pendek, dsb)

Cerita wayang

  • Mampu menjawab pertanyaan bacaan
  • Mampu menceritakan kembali cerita yang didengar dengan bahasa sehari-hari atau dalam ragam tertentu, misal : krama,ngoko,dsb.
  • Mampu menuliskan ringkasan cerita yang didengar.
  • Mendengarkan cerita wayang yang dibacakan
  • Menjawab pertanyaan dari cerita wayang yang dibacakan
  • Menceritakan kembali cerita wayang yang didengar dengan basa ngoko
  • Tertulis
  • Lisan

2 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan


 

Standar Kompetensi 2 : Berbicara

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

2.1 Menyampaikan informasi dengan berpidato (misal : berpidato dalam forum rapat, perhelatan, upacara peringatan, dsb)

Pidato

  • Mampu menuliskan pokok-pokok pidato dalam berbagai ragam bahasa jawa, termasuk dialek.
  • Mampu menuliskan naskah pidato dalam berbagai ragam bahasa jawa termasuk dialek
  • Memiliki keberanian dan mampu berpidato dengan lafal, intonasi,dan irama yang sesuai dalam berbagai ragam bahasa jawa, termasuk dialek.
  • Menulis pidato
  • Berpidato sesuai tema yang dibuat
  • Mengkritisi pidato teman
  • Tertulis
  • Praktek

2 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

2.2 Berdialog (melakukan percakapan) dengan orang tua/yang le bih tua (misal : bertanya/menanyakan sesuatu, menyampaikan pesan, undangan lisan,dsb)

Dialog

  • Mampu berkomunikasi atau bertanyajawab dengan orang tua/yang lebih tua sesuai konteks pembicaraan dan unggah-ungguh basa yang benar
  • Melakukan dialog
  • Mempraktekan dialog yang dibuat di depan kelas
  • Tertulis
  • Praktek

2 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

2.3 Berdialog (melakukan percakapan) dengan orang tua/yang lebih tua (misal : bertanya/menanyakan sesuatu, menyampaikan pesan, undangan lisan, dsb)

Percakapan

  • Mampu menyampaikan pesan/undangan lisan kepada orangtua/yang lebih tua sesuai dengan unggah-ungguh basa yang benar.
  • Mampu berkomunikasi atau bertanya jawab dengan orangtua/yang lebih tua sesuai konteks pembicaraan dan unggah-ungguh basa yang benar.
  • Membuat contoh percakapan
  • Mempraktekkan percakapan
  • Tertulis
  • Praktek

1 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

2.4 Berdialog (melakukan percakapan) dengan orang tua/yang lebih tua (misal : bertanya/menanyakan sesuatu, menyampaikan pesan, undangan lisan, dsb)

Percakapan

  • Mampu berkomunikasi atau bertanya jawab dengan orangtua/yang lebih tua sesuai dengan konteks pembicaraan dan unggah-ungguh basa yang benar.
  • Melakukan percakapan
  • Tertulis
  • Praktek

1 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

2.5 Bercerita tentang pengalaman pribadi (misal : berkemah,bertamasya, perpisahan kelas, atau pengalaman lain yang menarik.

 
  • Mampu menulis cerita pengalaman pribadi dalam berbagai ragam bahasa jawa termasuk dialek
  • Mampu menceritakan pengalaman pribadi yang menarik
  • Bercerita tentang pengalaman misalkan pengalaman waktu berkemah atau lainnya.

Praktek

2 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan


 

Standar Kompetensi 3 : Membaca

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

3.1 Membaca dan memahami bacaan sederhana berhuruf jawa kurang lebih 10 kalimat (2 alinea)

Bacaan berhuruf jawa

  • Mampu membaca lancar bacaan berhuruf jawa
  • Mampu menyalin bacaan ke dalam huruf latin
  • Membaca bacaan berhuruf jawa
  • Menyalin bacaan ke dalam huruf latin
  • Menjelaskan isi bacaan

Tertulis

2 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

3.2 Membaca dan memahami bacaan sederhana berhuruf jawa kurang lebih 10 kalimat (2 alinea)

Bacaan berhuruf jawa

  • Mampu membaca lancar bacaan berhuruf jawa
  • Mampu menyalin bacaan ke dalam huruf latin
  • Mampu menjawab pertanyaan bacaan
  • Membaca bacaan berhuruf jawa
  • Menjawab pertanyaan bacaan
  • Menyalin bacaan ke dalam huruf latin
  • Tertulis
  • Lisan

2 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

3.3 Membaca bacaan sastra (Misal : guritan,cerkak,dsb)

Geguritan

  • Mampu membaca indah sebuah guritan (sesuai dengan teknik baca guritan)
  • Mampu menceritakan isi guritan baik secara lisan maupun tertulis dengan berbagai ragam bahasa jawa
  • Mampu memprosakan guritan
  • Membaca guritan dengan teknik baca guritan
  • Menceritakan isi guritan
  • Mengubah guritan menjadi prosa
  • Praktek
  • Tertulis

2 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

3.4 Membaca dalam hati (tak bersuara) teks bacaan sastra (Misal : lakon wayang,cerita rakyat,dsb)

Bacaan cerita wayang

  • Mampu menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sehari-hari atau ragam lain, misal : krama, ngoko.
  • Mampu menjawab pertanyaan bacaan baik secara tertulis maupun lisan
  • Membaca cerita wayang
  • Menjawab pertanyaan bacaan
  • Menceritakan kembali isi bacaan
  • Menyebutkan nilai-nilai yang terkandung
  • Tertulis
  • Lisan

3 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

3.2 Membaca dan memahami bacaan sederhana berhuruf jawa kurang lebih 10 kalimat (2 alinea)

Bacaan berhuruf jawa

  • Mampu membaca lancar bacaan berhuruf jawa
  • Mampu menyalin bacaan ke dalam huruf latin
  • Membaca bacaan berhuruf jawa
  • Menyalin huruf jawa menjadi huruf latin
  • Praktek

Tertulis

3 x 40 menit

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan


 

Standar Kompetensi 4 : Menulis

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

4.1 Menulis surat undangan

4.2 Menulis surat undangan

4.3 Menulis surat undangan

Surat Undangan

Surat Undangan

Surat Undangan

  • Mampu menulis surat undangan
  • Mampu menulis surat undangan
  • Mampu menulis surat undangan
  • Membuat surat undangan
  • Membuat surat undangan resmi
  • Membuat surat undangan untuk kegiatan sekolah

Praktek

Praktek

Praktek

1x40 mnt

1x40 mnt

1x40 mnt

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

4.4 Menulis surat undangan

Surat Undangan

  • Mampu menulis surat undangan
  • Menyebutkan bagian-bagian surat undangan
  • Membuat surat balasan resmi

Tertulis

Praktek

1x40 mnt

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

4.5 Menulis tentang keterampilan hidup (misal : kerajinan tangan, membuat sesuatu, memperbaiki sesuatu, dsb)

Membuat kerajinan tangan

  • Mampu menulis tentang keterampilan hidup dalam berbagai ragam bahasa jawa
  • Membaca bacaan tentang kerajinan tangan
  • Membuat karangan tentang kerajinan tangan

Tertulis

4x40 mnt

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan


 

Standar Kompetensi 5 : Apresiasi Sastra

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

5.1 Mengapresiasikan susastra jawa (misal : cerita wayang, ketoprak, dsb)

Cerita ketoprak

  • Mampu menjelaskan sifat terpuji tokoh
  • Mampu menjelaskan dan menuliskan nilai-nilai ajaran yang tertuang dalam cerita
  • Membaca cerita ketoprak
  • Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita ketoprak
  • Menjelaskan dan menuliskan nilai-nilai ajaran yang tertuang dalam cerita

Tertulis

Lisan

4x40 mnt


 

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

5.2 Mengapresiasi tembang macapat

Tembang macapat Megatruh

  • Mampu menembangkan tembang macapat
  • Mampu menceritakan dan menuliskan isi tembang macapat
  • Menembangkan tembang macapat
  • Menulis isi tembang macapat
  • Menceritakan isi tembang macapat

Praktek

Tertulis


 

1x40 mnt

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

5.3 Mengapresiasi tembang macapat

Tembang macapat sinom

  • Mampu menembangkan tembang macapat
  • Mampu menceritakan dan menuliskan isi tembang macapat
  • Menembangkan tembang macapat
  • Menceritakan isi tembang macapat

Tertulis

Praktik

1x40 mnt

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

5.4 Mengapresiasi tembang macapat

Tembang macapat pangkur

  • Mampu menembangkan tembang macapat
  • Mampu menceritakan dan menuliskan isi tembang macapat
  • Menembangkan tembang macapat
  • Menuliskan isi dari tembang macapat

Tertulis

Praktik

1x40 mnt

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

5.5 Mengapresiasi susastra jawa (misal : cerita wayang, ketoprak, dsb)

Cerita wayang

  • Mampu menceritakan kembali tokoh cerita wayang epos Ramayana baik secara tertulis maupun lisan dengan berbagai ragam bahasa jawa
  • Mampu membuat ringkasan cerita Ramayana
  • Membaca cerita wayang
  • Menceritakan kembali isi cerita wayang secara lisan
  • Membuat ringkasan cerita ramayana

Tertulis

Lisan

1x40 mnt

  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan


 


 


 


 


 

    Mengetahui    Somagede, Juli 2009

    Kepala Sekolah    Guru Mata Pelajaran


 


 


 

    SYAKIM HIDAYAT    WARTINI, S.Pd

Blog Archive