BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pemanfaatan Teknologi Informasi pada bidang-bidang di kehidupan manusia telah membawa nuansa baru bagi pebisnis di Indonesia, terutama dalam menghadapi era pasar bebas. Tak terkecuali di bisnis periklanan dimana keyakinan pelanggan untuk memilih tempat untuk beriklan sangatlah penting. PT. X adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang internet cafe, games station, penjualan komputer, desain grafis dan bidang periklanan/advertising. Dengan lebih dari 200 orang pengunjung setiap hari yang mengunjungi warnet yang buka 24 jam dan 7 hari dalam seminggu ini maka PT X melihat suatu kesempatan untuk mengembangkan bisnis periiklanannya dengan menggunakan Teknologi Internet.
Dengan membuka suatu website (HTTP://WWW.XXX.COM) dengan content portal iklan dan informasi yang kira-kira dapat menampung segala macam iklan dari pelanggan di internet khususnya pengunjung yang datang kewarnet, diharapkan XXX.COM ini dapat berkembang menjadi website yang populer nantinya seperti halnya yahoo, dell, cisco atau yang lainnya.
Selain PT. X sudah bergerak di bidang advertising sebelumnya, PT. X juga mempunyai beberapa rekan bisnis yang berpotensi ke depannya untuk bekerjasama di portal iklan dan informasi ini, selain itu PT. X mempunyai event organizer yang sebelumnya pernah mengadakan event-event yang berhubungan dengan seminar dan IT khususnya di Y.
Dengan melihat bisnis yang berkembang di dunia dan banyak orang yang merasa dirinya sulit untuk mencari rekan bisnis atau pelanggan di internet, maka dari itu pertukaran informasi tersebut perlu dikelola dengan baik agar selaras dengan kebutuhan dan produk yang tersedia, XXX.COM mempunyai harapan agar dapat memberikan kemudahan untuk lebih mudah berinteraksi satu sama lain dari pebisnis ke bisnis (B2B), dari para pelanggan ke pelanggan (C2C) atau dari bisnis ke pelanggan (B2C), atau sebaliknya (C2B).
Web Portal Iklan dan informasi WWW.XXX.COM diharapkan dapat memberikan pelayanan yang cepat dan akurat kepada para pebisnis sesuai dengan kebutuhannya, dan dapat meningkatkan kepuasan para penguna internet khususnya para pelanggan internet dan rekan bisnis PT. X.
1.2 Rumusan Masalah
Pada Saat ini umumnya proses pencarian iklan di internet menggunakan search engine yang ada seperti lycos.com, yahoo.com, atau yang lainnya. Di Indonesia portal iklan seperti ini memang sudah ada seperti iklan-baris.com, iklaniklan.com atau yang lainnya, tapi hal itu tidak menutup kemungkinan PT. X untuk membuat portal ini, karena portal iklan dan informasi ini secara khusus akan menampung iklan-iklan yang ada di lingkungan perusahaan ini berdiri yaitu di Y.
Para pelanggan yang setiap harinya datang ke warnet tersebut 70% dari kalangan pengusaha kelas menengah kebawah yang biasanya mencari bisnis-bisnis baru di internet. Salah satunya terlihat dari adanya pelanggan khusus/member yang setiap hari datang hanya sekedar memeriksa email kiriman usaha jual beli ikannya dari pelanggannya di luar negeri, ada lagi yang ruang lingkup bisnisnya di furniture khusus rotan yang setiap hari mereka mencari pelanggan pelanggan di luar negeri yang mau membeli rotannya.
Selain itu pula koneksi internet yang mencapat 1 Mbps dan layanan 24 jam memungkinkan perusahaan ini dapat mengembangkan portal iklan tersebut menjadi lebih maju.
Dengan adanya web portal iklan dan informasi XXX.COM diharapkan PT. X :
1) Dapat memberikan pelayanan informasi yang lebih luas dan terjangkaukepada para pelanggannya.
2) Meningkatnya kualitas nama dan tempat internet café PT. X karena adanya ketersedian informasi dan layanan 24 jam yang dimiliki portal iklan dan informasi XXX.COM nantinya.
1.3 Lingkup Permasalahan
Proyek Akhir ini membahas perencanaan dan perancangan web portal iklan dan informasi XXX.COM baik ditinjau dari segi non-teknis maupun teknis. Proyek Akhir ini tidak mencakup penulisan kode program, user interface dan struktur basis data.
1.4 Tujuan Proyek Akhir
Tujuan dari Proyek Akhir ini adalah sebagai berikut :
1. Merumuskan konsep dasar iklan dan informasi portal XXX.COM sebagai layanan informasi berbasis teknologi informasi (internet) yang bermutu dan berwawasan ke depan.
2. Menyusun langkah-langkah dasar yang perlu ditempuh dalam rangka membangun web-portal iklan dan informasi tersebut.
Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari Proyek Akhir ini adalah bertambahnya wawasan pengetahuan dalam hal perencanaan dan perancangan web portal Iklan dan informasi, selain itu dapat memberikan gambaran langkah-langkah dan analisa apa saja yang diperlukan dalam merencanakan model e-business portal iklan dan informasi ini.