Hewan Mollusca dan Pembagian Kelasnya



Jika kita lihat dalam film-film, hewan mollusca sering digambarkan sebagai hewan buas yang sangat mengerikan. Contohnya Octopus, hewan mollusca si gurita raksasa yang hidup di laut yang sangat dalam. Pertanyaannya benarkan hewan ini buas seperti yang digambarkan dalam film layar lebar? Mengapa octopus digolongkan kedalam hewan mollusca? Untuk lebih detailnya mari simak artikel mengenai Hewan Mollusca dan Pembagian Kelasnya.

Kata mollusca pada asalnya berasal dari bahasa latin, yakni mollis yang diartikan lunak. Dalam artian bahwa hewan mollusca adalah hewan bertubuh lunak.

Biasanya hewan mollusca berciri yakni mempunyai bentuk bulat simetris dan tidak bersegmen, hewan mollusca ini dapat hidup di air laut, air tawar dan ada juga yang hidup di darat. Ciri lain yang mudah untuk menentukan hewan mollusca atau bukan adalah dengan melihat cangkang, karena mayoritas atau kebanyakan bahwa hewan mollusca ini memiliki cangkang.

Cangkang pada mollusca ini berfungsi sebagai penutup organ-organ visceral atau lunak atau rawannya dan membentuk rongga mantel. Cangkang mollusca tersusun atas zat kapur yang berguna untuk melindungi diri. Namun, ada juga golonganmollusca yang tidak memiliki cangkang yakni octopus atau gurita.

Nah, berdasarkan dari bentuk structur tubuh, hewan mollusca ini dibagi kedalam lima kelas, yakni kelas Amphineura, Gastropoda, Scaphopoda, Pelecypoda dan Cephalopoda. 
Inilah sedikit membahas mengenai Pembagian Hewan Mollusca dan kelasnya:
1.      Kelas Amphineura
Hewan Mollusca yang hidup di laut dan sering ditemukan di sekitar pantai. Hewan kelas ini memiliki insang di cangkangnya. Pada bagian dorsal ditutupi oleh delapan keping cangkang yang mengandung zat kapur. Contohnya: Chiton, Crypto chiton dan Chiton tuberculatus.
2.      Kelas Gastropoda
Hewan Mollusca terbesar yang terdapat tiga jenis tempat hidup yakni ada yang di air laut, di air tawan dan ada juga yang di darat. Sebagian besar hewan ini memiliki cangkang berbentuk kerucut terpilin. Gastropoda juga merupakan golongan hewan mollusca yang hermaprodit namun tidak bisa membuahi dirinya sendiri. Contoh: Keong racun dan pilla ampulacea atau disebut keong gondang yang hidup di sawah.
3.      Kelas Scaphopoda
Hewan mollusca yang hidup di laut dengan cirri cangkang seperti terompet atau taring. Tubuh hewan mollusca kelas Scaphopoda ini memiliki tentakel kecil yang dikenal dengan nama kaptakula. Contoh: Dentalium dan Cadulus mayori.
4.      Kelas Pelecypoda
Hewan mollusca kelas Pelecypoda ini akan di bahas lain waktu
5.      Kelas Cephalopoda
Hewan mollusca kelas Cephalopoda ini akan di bahas lain waktu

     Itulah mungkin artikel mengenai Hewan Mollusca dan Pembagian Kelasnya.


Baca Artikel Lainnya:
 

Blog Archive