AVR = Automatic Voltage Regulator

AVR = Automatic Voltage Regulator. Secara harafiah diterjemahkan sebagai pengatur tegangan secara otomatis. Difungsikan sebagai pengatur / regulator tegangan / voltage listrik yang dihasilkan.

Secara umum, AVR kita jumpai bentuknya ada dua macam. Model pertama adalah AVR portable. Biasa kita kenal dengan nama STABILIZER. Biasanya computer junkies tidak pernah lupa memasukkan stabilizer ini dalam daftar belanjaan mereka. Stablizer digunakan untuk menstabilkan tegangan arus / voltage listrik yang masuk ke peralatan elektronik kita.

Seperti kita ketahui, di negara antah berantah ini dimana tegang voltage PLN suka semaunya turun naik kayak ingus kerap kali membuat electronic device kita jebol! Itulah alasan para computer junkies memasukkan stabilizer dalam daftar belanjaan wajib mereka. They just can’t live without computers !!

AVR yang kedua, adalah AVR berbentuk rangkaian sirkuit yang dipasang pada generator pembangkit listrik. Nah, bahasanya ribet amat! Gampangnya begini. Genset atau Generator Set adalah rangkaian mesin dan generator pembangkit (biasa disebut geno) yang dikawinkan (coupled) menjadi satu kesatuan dan digunakan untuk membangkitkan arus listrik yang bisa kita gunakan untuk keperluan kita sehari hari. Rangkaian mesin berputar menghasilkan energi. Energi ini kemudian disalurkan ke geno untuk menghasilkan listrik, voila !

Maka kita sudah bisa menghasilkan listrik. Tapi yang menjadi persoalan kita adalah bahwa listrik juga harus memiliki tegangan arus yang konstan dan relatif stabil. Apabila listrik yang dihasilkan memiliki tegangan arus yang fluktuatif, maka listrik tersebut menjadi sia sia! Nah untuk itulah didalam sebuah geno diperlukan AVR. AVR ini bekerja untuk menstabilisasikan arus listrik yang dihasilkan geno. Setelah tegangannya stabil, barulah arus listrik tersebut bisa kita salurkan ke jaringan yang sudah terpasang untuk memenuhi kebutuhan kita akan listrik.

Untuk itulah kita kita di versa generator menyediakan AVR pengganti just in case AVR di dalam genset kita jebol. Nah sekarang taunya darimana kalo AVR kita dah jebol atau belum? Gampang.., panggil aja kita kita yang memang sehari hari tangannya belepotan oli dan setrum untuk ngecek genset kalian. Tinggal kirim e-mail ke info@versageneralsemesta.com. Atau telpon langsung ke 02146825071. Nanti kita atur team yang akan check and recheck genset kalian

AVR = Automatic Voltage Regulator.