Penyebab Anemia dan Cara Mengatasi Anemia

Penyebab Anemia dan Cara Mengatasi Anemia
Ada beberapa hal mengenai penyebab anemia yang sering terjadi pada kaum wanita. penyebab tersebut dapat berakibat fatal bagi kaum wanita yang mengalaminya jika tidak segera ditanggulangi dengan cepat.

Penyebab anemia biasanya sangat beragam tergantung pada bagaimana kondisi seseorang pada saat itu.

Dalam hal ini memiliki sifat yang relatif. Akan tetapi penyebab anemia tersebut menjadi poin utama dimana akan berawalnya suatu penyakit yang disebut dengan anemia. Adapun mengenai hal diatas dapat dikatakan sebagai penyebab penyakit anemia. Anemia memang tergolong suatu penyakit yang sebenarnya bisa diatasi dengan mudah hanya saja terkadang penyakit ini memang rentan dan tiba-tiba bisa hadir. Itulah mengapa mengetahui penyebab anemia lebih dini sangat dianjurkan.

Beberapa Hal Penyebab Anemia :
Anemia memang sering terjadi pada kaum wanita dan intensitasnya lebih besar, apalagi jika mereka yang melakonkan pekerjaan yang ekstra, sebab penyebab anemia tersebut dapat muncul dengan cepat seiring dengan kondisi tubuh yang benar-benar tidak fit. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab anemia itu terjadi sebagai berikut:

1. Kurangnya zat besi, kekurangan zat ini dapat menjadi penyebab anemia yang paling utama, Indonesia salah satu negara yang banyak mengalami kurangnya zat besi. Padahal yang perlu diketahui adalah zat besi merupakan unsur gizi yang akan membentuk komponen Hb atau sel darah merah.

2. Pada umumnya yang menjadi penyebab penyakit anemia adalah masyarakat indonesia khususnya kaum perempuan yang lebih banyak mengkonsumsi makanan nabati dari pada mengkonsumsi makanan dari protein hewani. Padahal dengan mengkonsumsi seimbang makanan nabati dan hewani dapat mengurangi terjadinya penyebab anemia.

3. Selain itu juga penyebab anemia dapat terjadi adalah kurangnya mengkonsumsi makanan hewani dengan alasan diet. Sebab mereka pikir mengkonsumsi makanan hewani dapat meningkatkan indeks kegemukan atau berat badan berlebih.

4. Wanita biasanya lebih ingin memperhatikan penampilan dari fisik saja dari pada proses kesehatan jasmaninya. Mereka lebih suka tubuh yang langsing dari pada harus melar, oleh sebab itu anggapan tersebut dapat menjadi penyebab penyakit anemia.

5. Jarang mengkonsumsi makanan yang perlu untuk metabolisme darah serta penyebab anemia juga dapat terjadi oleh haid setiap bulan yang tidak diimbangi oleh asupan makanan yang mengandung zat besi.
Cara Mengatasi Penyebab Anemia

Sebanarnya penyebab penyakit anemia ini dapat diatasi dengan sangat mudah jika terus dilakukan dengan baik, ada beberapa hal yang dapat mengurangi intensitas penyebab anemia yaitu :
1. Konsumsi makan-makanan yang bergizi dan mengandung zat besi yang cukup seperti mengkonsumsi sayuran hijau yaitu bayam, kacang kedelai, hati dan makanan lainnya yang mengandung zat besi.

2. Hindari anggapan bahwa makanan yang memiliki zat besi dapat mempercepat kegemukan.

3. Jaga kondisi dan selalu minum vitamin yang dapat menambah darah

4. Berolah raga secara teratur

5. Hindari aktifitas yang dapat menguras tenaga berlebih karena dapat menimbulkan kelelahan yang sangat mendera

Penyebab penyakit anemia dapat diatasi jika kita khusunya kaum wanita dapat menerapkan hal-hal diatas yang bertujuan untuk mencegah datangnya anemia. Kondisi darah yang stabil dapat mengurangi penyebab anemia sehingga kondisi tubuh dapat selalu sehat. Sebab bagi mereka yang sudah menderita anemia maka penyebab anemia tadi cepat hadir ke dalam tubuh mereka.


Penyebab Anemia dan Cara Mengatasi Anemia