Makalah Ekonomi Tentang Bentuk-Bentuk Pasar

Judul : Makalah Ekonomi Bentuk-Bentuk Pasar


Daftar Isi :

KATA PENGANTAR, BENTUK – BENTUK PASAR, 1. Pengertian Pasar, 2. Syarat Pasar, 3. Fungsi Pasar, 4. Macam-macam Pasar, 5. Menurut luas jaringan distribusi, pasar dibedakan menjadi :, 6. Menurut waktu bertemunya penjual dan pembeli, pasar dibedakan menjadi :, 7. Menurut sifatnya, pasar dibedakan menjadi :, 8. Menurut hubungan proses pasar :, 9. Menurut struktur/bentuk :, 10. Peranan Pemerintah, MENDESKRIPSIKAN BERBAGAI BENTUK PASAR MENURUT STRUKTURNYA :, A. PASAR PERSAINGAN SEMPURNA, 1. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna, 2. Menentukan keuntungan atau kerugian di pasar persaingan sempurna, 3. Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna, B. PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA, 1. Pasar Monopoli, 2. Pasar Monopolistik, 3. Pasar Monopsoni, 4. Pasar Oligopoli, 5. Pasar Oligopsoni, C. CAMPUR TANGAN PEMERINTAH DALAM MEKANISME PEMBENTUKAN HARGA, DAFTAR PUSTAKA.




Sekilas Isi :
1. Pengertian Pasar
    Pasar adalah merupakan proses hubungan timbal balik antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah suatu barang / jasa yang diperjualbelikan.


    Alasannya tempat bertemunya penjual dan pembeli tersebut bisa dimana saja. Hal ini berarti yang membedakan pasar dan bukan pasar adalah kegiatan yang dilakukan yaitu transaksi jual beli.


2. Syarat Pasar
    a. Ada Penjual
    b. Ada Pembeli
    c. Ada Uang
    d. Ada Barang
    e. Ada Tempat


3. Fungsi Pasar
    a. Fungsi Distribusi
        Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.


    b. Fungsi Pembentukan Harga
        Dalam fungsi pembentukan harga, pasar berperan mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.


    c. Fungsi Promosi
        Dalam fungsi promosi, pasar berperan membangkitkan minat konsumen untuk membeli barang/jasa tertentu.


4. Macam-macam Pasar
    Berdasarkan jenisnya, pasar dibedakan menjadi 2 yaitu :
    1)  Pasar Barang Konsumsi
         Yaitu tempat untuk memperjualbelikan barang-barang konsumsi. Contohnya : barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sayur mayur, dll.


     2)  Pasar Barang Produksi
          Adalah tempat untuk memperdagangkan faktor-faktor produksi. Contohnya : mesin-mesin produksi, alat pertanian dan alat transportasi.


5. Menurut luas jaringan distribusi, pasar dibedakan menjadi :
     a. Pasar Setempat
         Adalah pasar yang hanya digunakan oleh anggota masyarakat yang meliputi suatu daerah kecil tertentu.


     b. Pasar Daerah
         Adalah pasar yang meliputi daerah tertentu, misalnya pasar-pasar di kota kabupaten.


     c. Pasar Nasional
         Merupakan pasar yang meliputi suatu wilayah negara tertentu.


     d. Pasar Internasional
        Adalah pasar yang memperdagangkan barang-barang yang penjual dan pembelinya meliputi seluruh dunia.


6. Menurut waktu bertemunya penjual dan pembeli, pasar dibedakan menjadi :
     a. Pasar Harian
         Yaitu pasar yang berlangsung setiap hari.


     b. Pasar Mingguan
         Yaitu pasar yang berlangsung seminggu/sepekan sekali.


     c. Pasar Bulanan
         Yaitu pasar yang berlangsung sebulan sekali.


     d. Pasar Tahunan
         Yaitu pasar yang berlangsung setahun sekali. Pasar ini bersifat nasional bahkan internasional.


7. Menurut sifatnya, pasar dibedakan menjadi :
     a.  Pasar Konkret / Nyata
         Pasar ini merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Dalam pasar nyata terdapat penjual, pembeli dan barang yang diperjualbelikan dalam suatu tempat.


      b.  Pasar Abstrak
          Adalah proses interaksi (hubungan timbal balik) yang dilakukan penjual dan pembeli dalam rangka mencapai kesepakatan harga dan barang (output) yang akan diperjualbelikan.


8. Menurut hubungan proses pasar :
     a. Pasar Input (faktor-faktor produk)
     b. Pasar Output (hasil produk)


Untuk Data Selanjutnya Silahkan Anda Download Filenya versi Microsoft Word di Bawah Ini

Blog Archive