Artikel Biologi | Analisis Dampak Penggunaan Formalin

ANALISIS MAKANAN BERFORMALAIN

Kini telah terbukti makanan-makanan yang tahan lama memakai formalin sebagai obat pengawet makanan. Setelah terbuktinya makanan-maakanan berformalin pemerintah segera menindak lanjuti, ternyata setelah dilakukan penelitian dengan cara mengambil sempel makanan dari tempat-tempat penjualan makanan terbukti bahwa tidak sedikit makanan berformalin yang dikonsumsi masyarakat sehari-hari.
Bahkan diwarung- warung pinggir jalan dan di pedagang kaki lima juga ada yang positif mengandung formalin. Biasanya makanan yang mengandung antara lain bakso, tahu, daging ikan laut maupun ikan darat dan mie. Alasan makanan mengunnakan formalin mungkin diantaranya :
 Untuk mencegah makanan cepat busuk atau bau.
Mungkin para pedagang atan pengusaha makanan berpikir seandainya makanan yang belum laku dijual akan dijual keesokan harinya lagi. Untuk mencegah makanan cepat membusuk atau bau mereka berpikir menggunakan obat pengawet ( formalin ) tanpa memikirkan dampak dari pengawet tersebut.
 Untuk membuat makanan lebih tahan lama.
Mungkin para pedagang atau para pengusaha berpikir untuk membuat makanan lebih tahan lama karna biasanya makanan itu akan dijual di toko atau di swalayan agar tidak terlalu sering menggantinya dengan yang baru.

DAMPAK PENGGUNAAN FORMALIN

Makanan yang menggunakan formalin akan awet/tahan lama, tetapi adapun dampaknya terhadap kesehatan dan omset para penjual. Tetapi pada kali ini yang dibahas hanya dampak terhadap kesehatan yaitu ; makanan berformalin berdampak membahayakan kesehatan tubuh manusia, contohnya kangker dan penyakit yang membahayakan bagian-bagian dalam tubuh.

Blog Archive