Marilyn vos Savant

Marilyn vos Savant (lahir 11 Agustus 1946) adalah kolumnis majalah Amerika, penulis, dosen, dan dramawan yang naik menjadi terkenal melalui daftar di Guinness Book of World Records sebagai "Highest IQ". Guinness pensiunan kategori "tertinggi IQ" pada tahun 1990, setelah menyimpulkan bahwa tes IQ tidak cukup handal untuk menunjuk seorang pemegang rekor dunia tunggal. Sejak tahun 1986 dia telah menulis "Tanyakan Marilyn", sebuah kolom Minggu di majalah Parade di mana ia memecahkan teka-teki dan pertanyaan jawaban dari pembaca pada berbagai mata pelajaran.


Biografi

Vos Savant Marilyn Mach lahir di St Louis, Missouri, kepada Yusuf Mach dan Marina vos Savant, yang berimigrasi ke Amerika Serikat dari Jerman dan Italia masing-masing. Vos Savant percaya bahwa baik pria dan perempuan harus menjaga nama keluarga pranikah mereka untuk hidup, dengan anak laki-laki mengambil ayah mereka 'nama keluarga dan anak perempuan ibu mereka' [1] Kata "sarjana", yang berarti orang yang belajar, muncul dua kali dalam keluarganya.: nama gadis nenek dari ibu-nya adalah Savant, sedangkan nama kakek dari pihak ibu nya adalah vos Savant. Vos Savant adalah keturunan Jerman dan Italia, [2] dan merupakan keturunan dari fisikawan dan filsuf Ernst Mach. [3]


Sebagai seorang remaja, vos Savant digunakan untuk menghabiskan waktunya bekerja di toko umum ayahnya dan menikmati menulis dan membaca. Dia kadang-kadang menulis artikel dan kemudian diterbitkan di bawah nama samaran di surat kabar lokal, yang menyatakan bahwa dia tidak ingin menyalahgunakan namanya untuk pekerjaan yang dia dianggap tidak sempurna. Ketika dia berusia enam belas tahun, vos Savant menikah dengan seorang mahasiswa, namun pernikahan berakhir dengan perceraian ketika dia berada di dua puluhan. perkawinan kedua nya berakhir ketika dia 35.


Vos Savant belajar filsafat di Universitas Washington di St Louis meskipun keinginan orangtuanya untuk subjek yang lebih berguna. Setelah dua tahun, ia keluar untuk membantu dengan bisnis investasi keluarga, mencari kebebasan finansial untuk mengejar karir secara tertulis.


Vos Savant pindah ke New York City di tahun 1980-an. Sebelum kolom mingguan di Parade, vos Savant menulis IQ Omni Quiz Contest untuk Omni, yang berisi "IQ kuis" dan pameran pada kecerdasan dan pengujian intelijen.


Vos Savant menikah dengan suami ketiga, Robert Jarvik (salah satu pengembang Jarvik jantung buatan), pada tahun 1987 dan tinggal dengan dia di New York City. Vos Savant adalah Chief Financial Officer Jarvik Heart, Inc, dan terlibat dalam penelitian penyakit jantung dan pencegahan. Dia telah menjabat di Dewan Direksi Dewan Nasional Ekonomi Pendidikan dan di papan penasehat Asosiasi Nasional untuk anak berbakat dan the National Women's History Museum [4] Dia. Disebut oleh Toastmasters International sebagai salah satu dari Lima "Posisi Pembicara tahun 1999, "dan pada tahun 2003 menerima kehormatan Doctor Surat dari The College of New Jersey.


Naik ke ketenaran dan nilai IQ



Pada tahun 1985, Guinness Book of World Records diterima vos Savant IQ skor 190 dan memberinya rekor "tertinggi IQ (Perempuan)." Dia terdaftar dalam kategori yang 1986-1989 [5] Dia dilantik ke dalam Guinness Book of World Records Hall of Fame pada tahun 1988.. [5] [6] Guinness pensiunan kategori "tertinggi IQ" pada tahun 1990, setelah menyimpulkan bahwa tes IQ tidak cukup handal untuk menunjuk seorang pemegang rekor dunia tunggal [5] Daftar ini memberikan. perhatian nasional dan dihasut naik ke ketenaran. [5]


Guinness mengutip vos Savant kinerja di dua tes kecerdasan, Stanford-Binet dan Uji Mega. Dia diberikan 1937 Stanford-Binet, Revisi Kedua uji pada usia sepuluh tahun, [2] yang diperoleh rasio nilai IQ (dengan membagi usia mental subjek yang dinilai dengan uji dengan usia kronologis, kemudian mengalikannya kecerdasan dengan 100). Vos Savant mengatakan uji pertama-nya pada September 1956, dan diukur usia langit-langit mentalnya pada 22 tahun dan 10 bulan (22-10 +), menghasilkan IQ 228. [2] Perhitungan IQ 228 tercatat di Guinness Book of Rekor Dunia, tercatat di biografi singkat dalam buku-bukunya, dan merupakan satu dia memberikan dalam wawancara. Kadang-kadang, nilai bulat 230 muncul.


Ronald K. Hoeflin dihitung IQ nya di 218 dengan menggunakan 10-6 + untuk usia kronologis dan 22-11 + untuk usia mental. [2] Kedua Revisi Stanford-Binet langit-langit adalah 22 tahun dan 10 bulan, tidak 11 bulan. A 10 tahun dan 6 bulan usia kronologis sesuai dengan baik usia di rekening oleh vos Savant atau catatan sekolah yang dikutip oleh Baumgold [7]. Dia memberi komentar pada laporan yang menyebutkan berbagai nilai IQ dia dikatakan telah diperoleh. [8]


Alan S. Kaufman, seorang penulis dari tes IQ dan buku-buku tentang tes IQ, menulis dalam Pengujian IQ 101 bahwa "Miss Savant diberi versi lama dari Stanford-Binet (Terman & Merrill 1937), yang tidak, memang, gunakan kuno formula MA / CA × 100 Tetapi dalam norma-norma panduan tes, para Binet tidak mengizinkan IQ untuk naik di atas 170 pada setiap anak, usia atau orang dewasa Dan penulis Binet tua lain:. 'Beyond lima belas usia mental. sepenuhnya buatan dan harus dianggap sebagai nilai hanya numerik. " (Terman & Merrill 1937).... Para psikolog yang datang dengan IQ 228 melakukan suatu ekstrapolasi sebuah kesalahpahaman, sehingga melanggar peraturan hampir setiap dibayangkan tentang arti IQ. "[9]


Tes kedua dilaporkan oleh Guinness adalah Test Mega, dirancang oleh Ronald K. Hoeflin, diberikan kepada vos Savant pada pertengahan 1980-an sebagai orang dewasa. Uji Mega menghasilkan deviasi IQ nilai yang diperoleh dengan mengalikan subyek normalisasi z-skor, atau kelangkaan nilai ujian mentah, dengan standar deviasi konstan, dan menambahkan produk ke 100, dengan vos nilai kasar Savant's dilaporkan oleh Hoeflin menjadi 46 keluar dari 48 mungkin, dengan 5,4 nilai z-, dan standar deviasi 16, tiba di sebuah 186 IQ di persentil 99,999997, dengan jarang dari 1 dalam 30 juta [10] Uji Mega. telah dikritik oleh psikolog profesional sebagai benar dirancang dan mencetak gol, "tidak ada kekurangan jumlah penumbukan." [11] Tidak hanya Mega benar dirancang dan mencetak gol, tetapi Z-skor 5,4 berarti tes yang telah standar pada setidaknya 30 juta orang di usia yang sama kelompok sebagai 40 - untuk sasaran pengujian 50 tahun. Dengan kurang dari 30 juta, bahkan 1 individu dapat menjadi 5,4 deviasi standar di atas mean. Ada tes IQ pada keberadaannya telah standar pada sebuah "contoh" bahwa bahkan pendekatan ukuran ini. Memang, ini akan menjadi seluruh penduduk kelompok usia tertentu orang Amerika.


Meskipun vos Savant IQ skor antara dicatat tertinggi, sumber lebih boros, yang menyatakan bahwa dia adalah orang terpandai di dunia dan seorang anak ajaib, telah diterima dengan skeptis [12] Vos Savant dirinya. Mengatakan ia nilai tes IQ sebagai pengukuran berbagai kemampuan mental dan berpendapat intelijen itu sendiri melibatkan begitu banyak faktor yang "berusaha untuk mengukur itu tidak berguna." [13] Dalam konflik dengan vos anggapan Savant's yang mencoba untuk mengukur kecerdasan tidak berguna, laporan menyeluruh direferensikan dari Satuan Tugas dibentuk oleh Dewan Ilmiah Negeri Asosiasi Psikolog Amerika dengan suara bulat menyimpulkan bahwa pengujian kecerdasan tidak hanya prediksi prestasi sekolah, tetapi juga status pekerjaan dan kinerja pekerjaan (lihat Neisser et al.1997.Intelligence:. Knowns dan diketahui Psikolog Amerika, 51 (2) :77-101). Namun, skor IQ adalah penaksir sempurna dan tidak pernah bisa menetapkan jenius, yang hanya diidentifikasi dengan prestasi luar biasa dan abadi di dunia seni, musik, sastra, bisnis ekonomi, dan keuangan, teknik, ilmu pengetahuan, matematika, atau bidang lain yang diakui dari manusia berusaha.


Vos Savant telah mengadakan keanggotaan dengan-masyarakat IQ tinggi Mensa International dan Masyarakat Prometheus. [14]


"Ask Marilyn"

Vos Savant paling dikenal luas untuk kolom mingguan di Parade, "Tanya Marilyn". daftar Vos Savant di 1986 Guinness Book of World Records membawa perhatian luas nya media. Parade berlari profil vos Savant dengan pilihan pertanyaan dari pembaca Parade dan jawabannya. Parade terus menerima pertanyaan, jadi "Ask Marilyn" dibuat menjadi kolom mingguan.


Dalam "Tanyakan Marilyn", vos Savant jawaban pertanyaan dari pembaca pada berbagai terutama mata pelajaran akademik, memecahkan teka-teki matematika atau logis atau kosakata yang ditimbulkan oleh pembaca, kadang-kadang jawaban permintaan pertimbangan dengan logika, dan termasuk kuis dan teka-teki dirancang oleh vos Savant. Selain kolom dicetak mingguan, "Ask Marilyn" adalah kolom online harian yang suplemen kolom yang dicetak oleh memecahkan jawaban kontroversial, memperbaiki kesalahan, memperluas jawaban, reposting jawaban sebelumnya, dan menjawab pertanyaan tambahan.


Tiga buku dia (Tanyakan Marilyn, Marilyn Lebih, dan Dari Kursus, aku untuk Monogami) adalah kompilasi dari pertanyaan dan jawaban dari "Tanya Marilyn"; dan The Power of Logical Thinking mencakup banyak pertanyaan dan jawaban dari kolom.


Kontroversi tentang teorema terakhir Fermat

Beberapa bulan setelah pengumuman oleh Andrew Wiles bahwa ia telah membuktikan Teorema Terakhir Fermat, vos Savant menerbitkan bukunya Paling Dunia Terkenal Math Problem pada bulan Oktober 1993. [15] Buku ini survei sejarah teorema terakhir Fermat serta misteri matematika lain . Kontroversi datang dari kritik buku bukti Wiles ';. Vos Savant dituduh kesalahpahaman induksi matematika, bukti dengan kontradiksi, dan nomor imajiner [16]


pernyataan nya bahwa bukti Wiles 'harus ditolak karena penggunaan geometri non-Euclidean terutama diperebutkan. Secara khusus, ia berpendapat bahwa karena "rantai bukti yang berbasis di hiperbolik (Lobachevskian) geometri," dan karena mengkuadratkan lingkaran dianggap sebagai "kemustahilan terkenal" meskipun mungkin dalam geometri hiperbolik, maka "jika kita menolak metode hiperbolik mengkuadratkan lingkaran, kita juga harus menolak bukti hiperbolik teorema terakhir Fermat. "


Matematikawan menunjuk perbedaan antara kedua kasus, membedakan penggunaan geometri hiperbolik sebagai alat untuk membuktikan teorema terakhir Fermat dan dari penggunaannya sebagai setting untuk mengkuadratkan lingkaran: mengkuadratkan lingkaran dalam geometri hiperbolik adalah masalah berbeda dari mengkuadratkan itu dalam geometri Euclidean. Dia dikritik karena menolak geometri hiperbolik sebagai dasar yang memuaskan untuk bukti Wiles ', dengan kritikus menunjukkan bahwa teori himpunan aksiomatik (bukan geometri Euclid) kini menjadi landasan diterima bukti bahwa teori matematika dan set cukup kuat untuk mencakup baik Euclid dan non-Euclidean geometri serta geometri dan angka menambahkan.


Dalam addendum 1995 Juli untuk buku, vos Savant memendek argumen, menulis bahwa dia telah memandang teorema sebagai "tantangan'to-intelektual menemukan bukti dengan alat Fermat '." Fermat diklaim memiliki bukti dia tidak bisa cocok di tepi di mana ia menulis teorema-nya. Jika ia benar-benar memiliki bukti, itu mungkin akan Euclidean. Oleh karena itu, Wiles mungkin telah membuktikan teorema, tetapi bukti Fermat tetap belum ditemukan, jika pernah benar-benar ada. Dia sekarang mau setuju bahwa tidak ada pembatasan pada apa alat yang dapat digunakan.


Kolom Terkenal

Masalah Monty Hall
Artikel utama: Masalah Monty Hall


Mungkin acara paling terkenal melibatkan vos Savant dimulai dengan pertanyaan di 9 kolomnya 1990 September:


    Misalnya anda berada di sebuah acara permainan, dan Anda diberi pilihan tiga pintu. Di balik satu pintu adalah mobil, di belakang yang lain, kambing. Anda memilih sebuah pintu, misalnya # 1, dan host, yang tahu apa di balik pintu, membuka pintu lain, katakanlah # 3, yang memiliki seekor kambing. Dia berkata kepada Anda, "Apakah Anda ingin memilih pintu # 2?" Apakah itu untuk keuntungan Anda untuk beralih pintu pilihan anda?
    -Craig F. Whitaker Columbia, Maryland, [17]


Pertanyaan ini, bernama "Monty Hall masalah" karena kesamaannya dengan skenario di acara permainan Let's Make a Deal, ada jauh sebelum diajukan ke vos Savant, tapi dibawa ke perhatian nasional menurut kolom nya. Vos Savant menjawab dengan alasan bahwa pemilihan harus dialihkan ke pintu # 2 karena memiliki kesempatan 2 / 3 dari keberhasilan, sementara pintu # 1 baru saja 1 / 3. Atau untuk meringkas, 2 / 3 dari waktu pintu dibuka # 3 akan menunjukkan lokasi pintu dengan mobil (pintu kau tidak memilih dan yang tidak dibuka oleh tuan rumah). Hanya 1 / 3 dari waktu akan pintu dibuka # 3 menyesatkan Anda ke dalam perubahan dari pintu ke pintu menang kalah. Probabilitas ini mengasumsikan Anda mengubah pilihan Anda setiap pintu waktu # 3 dibuka, dan bahwa tuan rumah selalu membuka pintu dengan seekor kambing. Respon ini memicu ribuan surat pembaca, hampir semua pintu berdebat # 1 dan # 2 masing-masing memiliki peluang yang sama untuk sukses. Sebuah kolom tindak lanjut menegaskan kembali posisinya dilayani hanya untuk mengintensifkan perdebatan dan segera menjadi sebuah artikel fitur di halaman depan The New York Times. Di antara jajaran argumen dissenting ratusan akademisi dan matematikawan. [18]


Berdasarkan interpretasi yang paling umum dari masalah di mana tuan rumah membuka pintu kehilangan dan menawarkan switch, vos Savant jawaban adalah benar karena penafsiran dia menganggap tuan rumah selalu akan menghindari pintu dengan hadiah. Namun, dengan tuan rumah membuka pintu secara acak, atau menawarkan saklar hanya jika pilihan awal adalah benar, merupakan masalah yang sama sekali berbeda, dan tidak pertanyaan yang ia memberikan solusi. Vos Savant dibahas masalah ini dengan menulis mengikuti di Majalah Parade, "... jawaban asli mendefinisikan kondisi tertentu, yang paling signifikan adalah bahwa tuan rumah selalu membuka pintu kalah pada tujuan Ada lagi adalah pertanyaan yang berbeda.." [19] Dalam vos Savant's ikutan kedua, ia pergi lebih jauh ke penjelasan tentang asumsi dan penalaran, dan meminta guru sekolah untuk menyajikan masalah untuk masing-masing kelas mereka. Dalam kolom terakhirnya pada masalah, ia mengumumkan hasil lebih dari seribu percobaan sekolah. Hampir 100% dari hasil menyimpulkan bahwa membayar untuk beralih. Dari pembaca yang menulis simulasi komputer dari masalah, 97% mencapai kesimpulan yang sama. Sebagian besar responden sekarang setuju dengan solusi asli nya, dengan setengah dari surat-surat yang diterbitkan menyatakan surat penulis telah berubah pikiran. [20]


Dua anak laki-laki" masalah

"

Artikel utama: Boy atau Girl paradoks



Seperti masalah Hall Monty, "dua anak laki-laki" atau "kedua-saudara" mendahului Tanyakan masalah Marilyn, tetapi hanya menghasilkan kontroversi di kolom, [21] pertama kali muncul di sana pada 1991-1992 dalam konteks anjing beagle bayi:


    Seorang pemilik toko mengatakan ia memiliki dua anjing beagle bayi baru untuk menunjukkan kepada Anda, tetapi dia tidak tahu apakah mereka laki-laki, perempuan, atau sepasang. Katakan padanya bahwa Anda hanya ingin laki-laki, dan dia telepon si siapa yang memberi mereka mandi. "Apakah setidaknya satu laki-laki?" dia bertanya kepadanya. "Ya!" ia memberitahu anda dengan senyum. Berapakah probabilitas bahwa yang lain adalah laki-laki?
    -Stephen I. Geller, Pasadena, California


Ketika vos Savant menjawab "Satu dari tiga", pembaca [rujukan?] Menulis berpendapat bahwa peluang itu fifty-fifty. Dalam tindak lanjut, ia membela jawabannya, mengamati bahwa "Jika kita bisa goyang sepasang anak anjing keluar dari cangkir cara kita lakukan dadu, ada empat cara mereka bisa mendarat", dalam tiga di antaranya setidaknya satu adalah laki-laki , tapi hanya satu yang kedua adalah laki-laki. Lihat Boy atau Girl paradoks untuk rincian solusi.


Masalah kembali muncul pada tahun 1996-97 dengan dua kasus disandingkan:

    Mengatakan bahwa seorang wanita dan seorang pria (yang berhubungan) masing-masing memiliki dua anak. Kita tahu bahwa setidaknya salah satu dari anak-anak perempuan adalah anak laki-laki dan anak laki-laki tertua adalah laki-laki. Dapatkah anda menjelaskan mengapa kemungkinan bahwa wanita memiliki dua anak laki-laki tidak sama dengan kemungkinan bahwa manusia memiliki dua anak laki-laki? Guru aljabar saya menegaskan bahwa kemungkinan lebih besar bahwa manusia memiliki dua anak laki-laki, tapi saya pikir kemungkinan mungkin sama. Bagaimana menurut Anda?


Vos Savant setuju dengan guru aljabar, menulis bahwa kemungkinan hanya 1 dari 3 bahwa wanita memiliki dua anak laki-laki, tapi 1 dari 2 bahwa manusia memiliki dua anak laki-laki. Pembaca berpendapat 1 dari 2 dalam kedua kasus, mendorong beberapa tindak lanjut. Akhirnya, vos Savant mulai survei, menyerukan kepada para pembaca perempuan (dengan tepat dua anak dan setidaknya satu anak laki-laki) dan pembaca laki-laki (dengan tepat dua anak - yang lebih tua anak laki-laki) untuk menceritakan seks dari kedua anak-anak. Dengan hampir delapan belas ribu tanggapan, hasil penelitian menunjukkan 35,9% dari mereka memiliki dua anak laki-laki. [Rujukan?] 


Diambil dari salah satu situs en.wikipedia.org

Blog Archive