BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Evoluasi merupakan suatu konsep yang terdapat pada pelajaran biologi terutama kelas XII semester 2. Mater tentang evolusi sering menimbulkan pro dan kontra. Kadang teori evolusi membuat kita mencari kebenaran dari teori yang di berikan.
Dari fenomena tersebut kelompok kami melakukan penelitian sejauh mana motivasi dan kompetensi siswa dalam memahami teori evolusi. Kompetensi di kemukakan oleh Charles dan Jhonson cs (194:3) kompetensi merupakan perilaku yang rasional untuk mencapai tujuan yang dipersyaratkan sesuai dengan kondisi yang diharapkan.
Sehingga kelompok kami melakukan penelitian bagaimana persepsi mereka (siswa) terhadap pengajaran tentang teori evolusi. Apa hasil yang diharapkan sesuai atau tidak, jika tidak kita dapat memperbaiki kinerja pembelajaran materi evolusi di kemudian hari.
1.2 Rumusan Masalah
A. Bagaimanakah persepsi siswa terhadap kompetensi guru ?
B. Bagaimanakah pemahaman siswa terhadap materi evolusi ?
1.3 Tujuan Penelitian
A. Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi guru
B. Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi evolusi
1.4 Manfaat Penelitian
A. Untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran materi evolusi.
B. Untuk mengetahui sejauh mana siswa mengerti tentang materi evolusi yang diajarkan oleh guru biologi
C. Untuk menentukan metode dan media pembelajaran yang tepat dalam penyampaian materi evolusi.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Evolusi adalah proses perubahan benda-benda mati dan makhluk hidup yang berlangsung secara berangsur-angsur atau sedikit demi sedikit dalam kurun waktu yang cukup lama. Paham evolusu makhluk hidup sesungguhnya pernah tercetus sebelum Charles Darwin menerbitkan bukunya “On the origin of species by mean of natural selection, and the preservation of favoured races in the straggle for life” pada tahun 1859. bahkan sudah tercetus pada masa ± 400 tahun sebelum masehi. Kenyataan bahwa makhluk hidup beraneka ragam mengalami perubahan, sudah terjadi sejak lama namun hal ini tidak melahirkan konsep evolusi seperti yang terjadi pada Charles Darwin.
Pemikiran tentang evolusi telah di mulai sejak Anaximander (610-564 SM) dan pada abad selanjutnya konsep evolusi modern ini dikembangkan oleh beberapa tokoh seperti Jean Baptiste Lamarck (1744-1829) Charles Iyell (1971-1875) dan Charles Robert Darwin (1809-1882) melalui bukunya philosophie zoologigue (1809), dan lamarck mengenalkan hukum philosophie “use and disuse” yang menyatakan bahwa organ tubuh melalui hidup yang digunakan terus-menerus akan berkembang sedangkan organ yang tidak digunakan akan menyusut. (A. Syujur. 2005:104).
Salah satu dakwaan teori evolusi yang paling penting ialah asas perkembangan hidup yang bergantung kepada “perjuangan untuk hidup.” Di alam semula jadi, menurut
Di dalam buku “Darwin, Marx, Wagner.” Pensyaran ilmu sejarah Jacques Barzum telah menafsirkan kesan-kesan keberadaan moral dunia modern kini dari segi sains kemasyarakatan dan kebudayaan. Ulasan berikut di petik dari pada buku beliau yang mengimbas pengaruh Darwinisme kepada dunia.
BAB III
METODOLOGI
3.1 Waktu dan Tempat
Penelitian ini dilakukan pada tanggal 07 April 2007 di SMAN I TIRTAYASA.
3.2 Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMAN TIRTYASA dengan sampel kelas XII IPA1 yang dipilih secara langsung oleh guru kurikulum SMAN I TIRTAYASA.
3.3 Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei dengan penelitian yang menggunakan angket dan wawancara. Pada angket ditujukan kepada siswa sedangkan untuk wawancara ditujukan kepada guru Biologi yang mengajar di SMAN I TIRTAYASA.
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1 Wawancara
Berdasarkan hasil wawancara yang kami lakukan dengan guru Biologi kelas XII Bu Evi mulyati S.Pd SMAN I TIRTAYASA mengenai metode atau media yang digunakan untuk pembelajaran evolusi di SMAN I TIRTAYASA, dan tentang hambatan/kendala pada saat mengajarkan materi evolusi. Menurut Bu Evi kendala yang terjadi pada saat mengajar yaitu tidakadanya media untuk diperlihatkan ke siswa tentang teori evolusi dan kurangnya fasilitas di SMAN I TIRTAYASA, selain itu faktor waktu juga sangat berpengaruh, materi evolusi diajarkan pada kelas XII pada semester akhir sehingga waktu yang didapatkan untuk penjelasan materi ini kurang, karena untuk kelas XII difokuskan untuk persiapan UAN, seperti PRA-UAN, ujian praktek dan tryout. Sehingga materi evolusi lebih ditekankan pada pembahasan seleksi alam dan pada genetika.
Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi evolusi yaitu metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta observasi ke geologi yang terdapat di
4.2 Kuesioner Motivasi siswa
A. Saya sangat senang terhadap mata pelajaran evolusi
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 30,00% |
2. | Setuju | 63,3% |
3. | Tidak setuju | 6,67% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
B. Saat menjelaskan materi evolusi, guru selalu mengkaitkannya dengan kehidupan sehari-hari, sehingga lebih mudah dipahami
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 53,3% |
2. | Setuju | 36,7% |
3. | Tidak setuju | 10% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
C. Saya mengalami kesulitan pada saat guru menjelaskan materi evolusi
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 3,33% |
2. | Setuju | 20% |
3. | Tidak setuju | 66,7% |
4. | Sangat tidak setuju | 10 |
D. Pada saat guru memberikan tugas tentang evolusi, selalu saya kerjakan dengan semangat karena saya sangat menyukainya
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 70,00% |
2. | Setuju | 10,00% |
3. | Tidak setuju | 20,00% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
E. Saat guru menjelaskan materi evolusi saya selalu memperhatikan dengan serius
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 26,7% |
2. | Setuju | 70,00% |
3. | Tidak setuju | 3,33% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
F. Saat disuruh guru menjelaskan kembali materi evolusi, saya mengalami kesulitan untuk memaparkannya
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 13,3% |
2. | Setuju | 36,7% |
3. | Tidak setuju | 46,7% |
4. | Sangat tidak setuju | 3,33% |
G. Pada saat pembelajaran evolusi guru menggunakan metode diskusi sehingga saya bermotivasi belajar
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 33,3% |
2. | Setuju | 46,7% |
3. | Tidak setuju | 16,7% |
4. | Sangat tidak setuju | 3,33 |
H. Saya yakin dengan usaha yang keras dan belajar yang optimal, saya bisa mendapatkan nilai mata pelajaran evolusi yang bagus
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 60,0% |
2. | Setuju | 40,0% |
3. | Tidak setuju | - |
4. | Sangat tidak setuju | - |
I. Menurut saya pelajaran evolusi sangat susah untuk dipahami dan membosankan,karena terlalu banyak teori untuk dipelajari
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 6,67% |
2. | Setuju | 3,33% |
3. | Tidak setuju | 70,0% |
4. | Sangat tidak setuju | 20,0% |
J. Saya belum memahami apa sebenarnya manfaat pelajaran evolusi dalam kehidupan sehari-hari
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 6,67% |
2. | Setuju | 33,3% |
3. | Tidak setuju | 43,3% |
4. | Sangat tidak setuju | 16,7% |
Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa presentasi yang didapat sesuai dengan skor. Skor yang diambil dengan cara pada setiap pernyataan tersebut positif nilai 4, pada kategori sangat setuju, 3 untuk kategori setuju, 2 untuk kategori tidak setuju dan 1 untuk kategori sangat tidak setuju. Sedangkan untuk pernytaan negative angka tersebut dibalik. Dari data tersebut didapat kategori sebagai berikut :
30 x 4 = 120 x 10 = 1200
30 x 3 = 90 x 10 = 900
30 x 2 = 60 x 10 = 600
30 x 2 = 30 x 10 = 300 jadi
-0-300 : Kurang
-301-600 : Cukup
-601-900 : Baik
-901-1200 : Sangat baik
Skor skala sikap motivasi siswa adalah 884 dengan kategori baik.
4.3 Kuesioner Tentang materi Evolusi
A. Guru sangat interaktif dalam menyampaikan pelajaran evolusi sehingga siswa merasa semangat dan antusius
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 36,7% |
2. | Setuju | 50,0% |
3. | Tidak setuju | 13,3% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
B. Setiap saya bertanya tentang materi evolusi, guru selalu menjawabnya dengan jelas sehingga saya bisa lebih memahami tentang materi yang disampaikan
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 43,3% |
2. | Setuju | 43,3% |
3. | Tidak setuju | 13,3% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
C. Jika ada teman yang mengobrol saat proses pembelajaran berlangsung, guru menegurnya dengan kata-kata yang halus
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 43,3% |
2. | Setuju | 43,3% |
3. | Tidak setuju | 13,3% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
D. Guru tidak pernah memarahi saya walaupun saya tidak mengerjakan tugas evolusi, sehingga saya merasa malas untuk mengerjakan tugas evolusi.
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 6,67% |
2. | Setuju | 6,67% |
3. | Tidak setuju | 60,0% |
4. | Sangat tidak setuju | 26,7 |
E. Menurut saya kemampuan guru tentang penguasaan materi evolusi sangat minim
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 6,67% |
2. | Setuju | 10,0% |
3. | Tidak setuju | 50,0% |
4. | Sangat tidak setuju | 3,3% |
F. Penjelasan guru tentang materi evolusi selalu berbelit-belit dan bahasanya sulit dipahami
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 16,7% |
2. | Setuju | 10,0% |
3. | Tidak setuju | 50,0% |
4. | Sangat tidak setuju | 23,3% |
G. Guru selalu menggunakan metode pembelajaran yang berbeda setiap minggunya, sehingga siswa tidak pernah merasa bosan dan selalu bersemangat
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 23,3% |
2. | Setuju | 53,3% |
3. | Tidak setuju | 23,3% |
4. | Sangat tidak setuju | - |
H. Guru lebih sering menjelaskan materi dengan ceramah, sehingga siswa merasa mengantuk dan tidak bisa memahami apa yang disampaikan.
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 13,3% |
2. | Setuju | 26,7% |
3. | Tidak setuju | 46,7% |
4. | Sangat tidak setuju | 13,3% |
I. Walau saya sudah berusaha mengerjakan tugas evolusi secara maksimal tetapi guru tidak pernah memberikan penghargaan sehingga saya merasa usaha saya sia-sia.
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 10,0% |
2. | Setuju | 13,3% |
3. | Tidak setuju | 53,3% |
4. | Sangat tidak setuju | 23,3% |
J. Setiap kegiatan belajar mengajar guru selalu duduk, sehingga suasana belajar membosankan
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 6,67% |
2. | Setuju | 16,7% |
3. | Tidak setuju | 56,7% |
4. | Sangat tidak setuju | 20,0% |
-0-300 : Kurang
-301-600 : Cukup
-601-900 : Baik
-901-1200 : Sangat baik
Dari data di atas didapatkan bahwa kompetensi guru di sekolah adalah 844 dengan kategori baik.
4.4 Kuesioner Tentang materi Evolusi
A. Menurut saya evolusi merupakan perubahan secara bertahap dalam waktu yang lama akibat seleksi alam dalam suatu individu spesies untuk menghasilkan spesies baru
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 56,7% |
2. | Setuju | 33,3% |
3. | Tidak setuju | 3,33% |
4. | Sangat tidak setuju | 3,33% |
B. Saya tidak sependapat dengan teori
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 26,7% |
2. | Setuju | 33,3% |
3. | Tidak setuju | 20,0% |
4. | Sangat tidak setuju | 16,7% |
C. Saya setuju dengan teori adaptasi oleh Lamarck, karena dia menyatakan bahwa organ yang sering digunakan akan berkembang dengan baik, sedangkan yang tidak digunakan akan mengalami atrofi atau penyusutan
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 30,0% |
2. | Setuju | 63,3% |
3. | Tidak setuju | 33,3% |
4. | Sangat tidak setuju | 16,7 |
D. Menurut saya teori evolusi itu bertentangan dengan ajaran agama
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 10,0% |
2. | Setuju | 40,0% |
3. | Tidak setuju | 33,3% |
4. | Sangat tidak setuju | 16,7 |
E. Menurut saya fosil itu merupakan bukti adanya kehidupan pada masa lampau
No. | Keterangan | Presentase |
1. | Sangat setuju | 60,0% |
2. | Setuju | 40,0% |
3. | Tidak setuju | - |
4. | Sangat tidak setuju | - |
Dari data di atas didapatkan, skor dari skala sikap siswa tentang materi evolusi, skor yang didapat yaitu 488 dari 5 pertanyaan :
0-300 : Kurang
-301-600 : Cukup
-601-900 : Baik
-901-1200 : Sangat baik
sehingga disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi evolusi cukup baik.