Tutorial Bikin Web Gratis

Anda Ingin Memiliki Website Sendiri tetapi ...

Belum atau Tidak Mau Keluar Duit untuk

Beli Domain dan Sewa Hosting ... ?!!

Bila Jawaban Anda "YA" Berarti ... Tutorial  Bikin Web Gratis Ini Sangat Tepat untuk Anda!



Pringatan : Baca dulu sampai selesai.......!!!!!







Sahabat online-ku di mana saja anda berada... Senang sekali rasanya, karena bisa bertemu kembali dengan anda walau cuma melalui halaman situs sederhana ini. kali ini q mengambil postingan ini dari salah satu webnya kang Asnawi, ST. Kali ini saya ingin membagikan 1 (satu) buah e-book tutorial gratis lagi kepada sahabat-sahabat online-ku dan para pengunjung sekalian.


Saya yakin masih banyak sekali orang yang awam tentang pembuatan website (situs), dan anda mungkin salah satu di antaranya. Jika benar demikian, maka anda sudah tepat berada di website ini. Baca terus informasi dari saya, dan nanti akan saya berikan e-book tutorial bikin web gratis ini dengan gratis kepada anda. Anda tidak perlu bayar sama sekali untuk mendapatkannya!


Namun, bila saat ini anda sudah menguasai proses pembuatan situs, mungkin anda tidak perlu melanjutkan membaca apa yang saya tulis di sini. Anda boleh menutup jendela situs ini, atau berpindah penjelajahan ke situs lainnya. Bagaimana pun, saya mengucapkan banyak terima kasih karena telah singgah di situs saya ini :-)


Nah... bagi anda yang tetap mau melanjutkan membaca informasi saya ini, sungguh saya berterima kasih karena saya merasa usaha membuat e-book tutorial dan situs ini tidak menjadi sia-sia belaka. Insya Allah, saya akan berusaha semaksimal mungkin membantu anda agar dapat memiliki situs web gratis milik anda sendiri secepatnya.


Okey... agar anda  tidak buang-buang waktu (dan juga buang-buang duit karena kelamaan online...hehehe), saya akan segera jelaskan secara sekilas materi yang saya bahas di e-book tutorial, dan bagaimana anda mendownload e-book tersebut saat ini juga. Dalam tutorial ini, saya mengambil contoh kasus pembuatan situs ini sendiri, yakni www.bikinwebgratis.co.cc. Desain situs ini menggunakan tampilan "minisite". Untuk situs anda nantinya, anda bisa memakai tampilan (dalam dunia web desain disebut themes) sesuai keinginan anda.


Berikut daftar tools yang saya gunakan untuk membuat situs gratis ini :
  • Program Web Creator, saya menggunakan Frontpage 2003 dari Microsoft dapat anda download disini. Jika anda tidak memiliki program ini, anda juga bisa menggunakan Dreamweaver bisa anda download disini atau program gratis "My Free Web Site Builder" atau NVU atau KompoZer.

  • Program pengolah gambar, saya menggunakan Corel PhotoPaint dan Fireworks MX. Bagi anda yang mahir Photoshop, saya lebih sarankan menggunakan Photoshop untuk mengedit gambar. Sedangkan untuk gambar cover e-book, saya menggunakan True Box Shot.

  • Template, saya gunakan minisite template  yang saya download di internet. Dengan menggunakan template, pekerjaan pembuatan web kita semakin mudah, kerja kita cukup mengetik konten dan memasukkan gambar saja (seperti mengetik di MS.Word saja), tidak pusing lagi dengan masalah desain dan bahasa pemrograman yang cukup rumit untuk orang awam (termasuk saya :-)).

  • Domain, saya menggunakan fasilitas domain gratis dari http://www.co.cc.

  • Hosting (tempat penyimpanan file web kita), saya menggunakan fasilitas www.freehostia.com. Anda juga bisa menggunakan webhosting gratis lainnya yaitu AwardSpace.

  • Script, untuk membuat web lebih interaktif.

Bila anda masih awam dan baru kali ini mendengar tools-tools di atas, mungkin anda berpikir bahwa ini sangat rumit dan bahkan anda siap-siap menyerah sebelum melihat langkah-langkah yang sangat mudah dalam pembuatan web di e-book saya. Jangan begitu dong, saya sarankan anda tetap mendownload dan membaca Tutorial Panduan Membuat Web Gratis di e-book saya ini. Biar anda tahu ternyata bikin situs web itu tidak sesulit yang anda bayangkan. Mudah-mudahan ... :-)


Apa Manfaat Memiliki Situs Web ?

Banyak yang nanya kepada saya, apa manfaat memiliki situs atau website? Mengapa harus repot-repot membuat website? Nah, ini adalah sebagian manfaat yang anda peroleh dengan membangun dan memiliki website, di antaranya :
  1. Anda bisa menuangkan ide, pikiran, pengetahuan, pengalaman dan apa saja yang bisa dibuka oleh orang lain dengan cukup anda berikan alamat web anda.

  2. Anda bisa menangkap data kontak (opt-in) agar anda bisa mengontak atau menghubungi pengunjung web anda di kemudian hari. Ini sangat bermanfaat jika anda ingin mempromosikan atau menawarkan sesuatu yang sekiranya bermanfaat bagi para subscriber anda.

  3. Anda bisa memasang kode iklan adsense atau banner produk affiliasi untuk mendapatkan penghasilan sampingan.

  4. Anda bisa membangun kredibilitas di dunia maya agar mendapatkan kepercayaan dari orang-orang yang tidak pernah kenal atau bertemu dengan anda sebelumnya.

  5. Anda bisa menjadikan situs anda sebagai "asisten atau karyawan" yang bekerja untuk anda secara otomatis selama 24 jam sehari tanpa kenal lelah dan tanpa perlu anda bayar :-)

  6. Dan masih banyak manfaat lainnya bila anda memiliki website.



Langkah-Langkah Membuat Situs Web Gratis !

Sebagai seorang pemula atau orang yang mau belajar membuat dan memiliki website pribadi maupun bisnis, anda bisa mulai belajar dari situs yang sederhana ini. Langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk memiliki situs web sebagai berikut :
  • Buat file web menggunakan Frontpage atau web editor lainnya. Simpan file halaman depan atau halaman utama dengan nama "index.htm" atau "index.html". Hubungkan file-file web, file gambar, dll.  dengan menggunakan fasilitas hyperlink di web editor yang anda gunakan.

  • Pilih domain gratis di www.co.cc lalu setup maksimal dalam 48 jam dengan mengubah name server sesuai web hosting yang anda gunakan. Untuk freehostia, gunakan name server : dns1.freehostia.com dan dns2.freehostia.com. Jika menggunakan AwardSpace, kode name server akan anda dapatkan melalui email, misalnya ns5.awardspace.com dan ns6.awardspace.com. Silahkan cek domain co.cc yang masih tersedia gratis melalui form berikut ini :





Biasanya domain premium akan dikenakan harga $3. Domain premium biasanya domain yang berbahasa Inggris dan terdiri dari 1 suku kata saja. Kalo mau yang gratis, sebaiknya pilih domain berbahasa Indonesia dan terdiri dari 2 atau 3 suku kata seperti website saya ini bikin-web-gratis (3 suku kata).
Anda juga bisa menggunakan domain gratis lainnya dengan ekstensi co.tv. Silahkan cek domain co.tv yang masih tersedia gratis dan segera klaim sebelum didahului orang lain melalui fasilitas pencarian berikut ini :








Contoh situs yang saya buat dengan domain co.tv adalah www.vccpaypal.co.tv
  • Buat account di webhosting gratisan di www.freehostia.com atau AwardSpace lalu add-on domain yang sudah dipilih tersebut.

  • Upload file web dan file pendukung ke server freehostia/awardspace.

  • Jika semuanya berjalan dengan baik maka seharusnya anda sudah bisa melihat website anda setelah melalui proses di atas.

Saya sangat yakin bahwa e-book ini akan memberi manfaat buat anda, dan saya sungguh bahagia bila besok atau suatu saat mendapatkan kiriman link situs anda. Itu berarti, apa yang saya sampaikan di e-book ini benar-benar bisa menuntun anda dalam membuat website pribadi/bisnis.





Jika anda masih bingung tentang proses pembuatan website gratis ini, anda bisa mendapatkan penjelasan lebih lengkap dan detail di e-book "Tutorial Bikin Web Gratis" yang bisa anda download GRATIS melalui link download di bawah ini :



Untuk FileZilla bisa anda Download disini



    NB : untuk yang lebih jelasnya silahkan anda Download filenya di sini....!!!!!



    Photobucket

    License

    Uploader By

    Lihat Panduan'y

    Upload Video By

    Date Released

    Size

    Created By
    : Free

    : Asnawi St

    : Trailer

    :  

    : 11 April 2011

    : 3,51 MB

    : Syarief Hidayat







    Salam Kami Karya Anak Kidoel



    Photobucket

    Blog Archive