Pemasaran Melalui Internet

Saluran terbaru dari pemasaran langsung adalah saluran elektronik, atau dengan istilah perdagangan elektronik yang menggambarkan satu varietas luas dari perangkat lunak atau sistem komputer elektronik. Seperti penggunaan internet dan layanan on-line.

Pembeli komsumen yang paling populer melalui internet sudah sangat jauh hingga mencapai perangkat keras dan perangkat lunak komputer, tiket penerbangan, buku, musik. Transaksi bisnis melalui internet bervolume jauh lebih tinggi dan meliputi berbagai macam barang dan jasa.

Internet adalah jaringan komputer Web global yang memungkinkan komunikasi global yang lebih cepat dan terdesentralisasi. Para pengguna internet dapat menjelajahi internet dan menjelajahi teks, grafik, gambar, dan suara yang sepenuhnya terpadu. Pemakai dapat mengirim e-mail, bertujar pikiran, berbelanja barang-barang, serta mengakses berita, resep makanan, informasi seni, dan informasi bisnis.

Konsumen On-Line

Ketika lebih banyak orang beralih ke internet, populasi cyberspace menjadi lebih banyak orang yang menggunakan dan terbedakan.

mereka dapat memperoleh informasi yang obyektif mengenai lini berbagai merek, yang meliputi biaya, harga, keistimewaan, dan mutu, tanpamengandalkan produsen dan pengecer.

  1. mereka dapat mulai meminta iklan dan informasi dari produsen.
  2. mereka dapat merangcang tawaran dari produsen yang mereka inginkan.
  3. mereka dapat menggunakan agen perangkat lunak untuk mencari dan mengundang tawaran dari berbagai penjual.

Kelebihan :

Ada beberapa manfaat bagi pembeli potensial:

1. Kemudahan: para pelanggan dapat memesan produk 24 jam sehari di mana pun mereka berada. Mereka tidak harus berkendaraan untuk mencari dan memeriksa barabg-barang.

2. Infomasi: para pelanggan dapat memperoleh setumpuk informasi komparatif tentang perusahaan, produk, dan pasaing tanpa meninggalkan kantor atau rumah mereka.

3. Rongrongan yang lebih sedikit: para pelanggan tidak perlu menghadapi atau melayani bujukan dan faktor-faktor emosional: mereka juga tidak perlu menunggu dalam antrian.

· Manfaat bagi pemasar:

1. Penyaesuaian yang cepat terhadap kondisi pasar: perusahaan –perusahaan dapat dengan cepat menambahkan produk pada tawaran mereka serta mengubah harga dan produk

2. Biaya yang lebih rendah: para pemasar on-line dapat menhindari biaya pengelolaan toko dan biaya sewa, asunransi, serta prasarana yang menyertainya.

3. Pengukuran besar pemirsa: para pemasar dapat mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi situs online mereka.


Kelemahan:

Pemasaran online tidak selalu cocok untuk setiap perusahaan juga tidak selalu cocok untuk setiap produk. Internet kurang berman faat untuk produk-produk yang harus disentuh atau diperiksa sebelumnya.

Blog Archive