Resep Pempek cara membuat adonan Pempek

Untuk menghasilkan pempek yang gurih dan enak, bahan dasar adonan pempek harus dipersiapkan sedemikian rupa. Yang harus diperhatikan adalah bahan ikan yang akan digiling dan cara mengolahnya. Nah, penasaran ‘kan gimana cara mengolahnya?

Bahan adonan Pempek

Daging Ikan giling halus
  • Daging ikan giling halus yang paling baik adalah ikan Gabus atau Tenggiri, jika tidak ada, dapat diganti dengan ikan apa saja yang dagingnya lebih banyak seperti Salmon,Tuna, Toman, Gurame, atau Sepat. Buang tulangnya kemudian giling sampai halus. NB: Ikan Lele dan Patin tidak cocok dibuat adonan karena banyak mengandung lemak.

Tepung SAGU atau tepung kanji
  • Gunakan Tepung SAGU atau tepung kanji (tapioka) yang baik serta halus, kemudian tambahkan Air, garam halus secukupnya serta penyedap rasa.

Rasio Ikan giling dengan Tepung sagu 
  • Perbandingan antara Ikan dan sagu untuk mendapatkan hasil terbaik bisa 1:1 atau 1:3/4 atau 1:1/2, semakin banyak ikan semakin enak, tapi maksimal ikan 1 kg tepung sagu 0,5 kg.

Cara mengolah Ikan menjadi bahan baku pempek

  1. Gunakan Pirikan ikan (terbuat dari Bahan kuningan atau batok kelapa yang berlubang) sebagai alat penggiling ikan. Boleh juga pakai mesin penggiling daging atau peralatan elektronik, seperti blender, food processor dan stand mixer.

  2. Ikan yang akan diolah, disiangi dan dibersihkan terlebih dahulu.

  3. Lepaskan kulit ikan dari dagingnya.

  4. Buang seluruh tulangnya.

  5. Potong kecil, siap untuk dipirik atau digiling.

  6. Simpan hasil gilingan di freezer, menunggu untuk diolah selanjutnya.







Photobucket

Blog Archive