Tips Evaluasi Desain dan Program Website

HHai sobat blogger ni ada tips yang menarik bagi yang membuat blog sendiri yang tidak menggunakan jasa dari blogger tapi ini bisa kita terapkan juga ke blogspot. Webite yang anda buat memungkinkan terjadinya berbagai kesalahan, terutama saat melakukan pengetikan kode program (scripting). Meski halaman web yang anda buat dapat ditampilkan pada browser, belum berarti lolos 100% dari kesalahan kode. Untuk itu, evaluasi sangat diperlukan sebelum website anda diperlihatkan.


Berikut beberapa hal yang wajib anda perhatikan:
  • Memeriksa Link Tiap Halaman



    Pastikan bahwa setiap link telah berjalan dengan baik. pengunjung biasanya sangat kecewa jika link yang dibukanya kosong atau malah memberikan pesan error. jika halaman yang akan ditampilkan masih dalam pembuatan, misalnya karena konten belum lengkap, sebaiknya diberi keterangan bahwa halaman tersebut masih dipersiapkan. pastikan juga bahwa gambar-gambar yang diperlukan telah tersedia pada folder yang telah ditentukan, agar tidak terjadi broken image.


  • Memeriksa kesalahan Coding



    Saat kita menulis kode program, baik dengan editor teks maupun editor web, kesalahan pengetikan mungkin saja terjadi. Misalnya, ada tag yang belum ditutup, atau mungkin ada konten yang salah ketik. error pada HTML umumnya tidak begitu mengganggu ketika dibuka pada browser, tetapi kode PHP lain lagi. lupa menaruh titik koma (;) pun dapat membuat halaman tidak bisa diakses. untuk itu, sebaiknya kode program diperiksa lagi. Manfaatnya, selain mengoreksi kesalahan, anda juga akan lebih memahami setiap baris kode. Buanglah jika ada kode yang tidak diperlukan, karena hanya akan membebani proses loading.

    Namun jika anda malas untuk memeriksa setiap kode, terutama jika website memiliki banyak halaman, alternatifnya menggunakan tool web validator. web validator banyak jenisnya, mulai dari yang gratis sampai komersial. HTML Tidy salah satunya. Tool gratis ini dapat mengatasi berbagai kesalahan penulisan kode HTML. Software tersebut dapat di-download di http://tidy.sourceforge.net. selain itu, anda juga bisa mengunjungi http://validator.w3.org/ untuk mengecek validitas HTML, XHTML dan CSS.


  • Testing Browser



    Kita tentu tidak tahu jenis browser yang nanti akan digunakan oleh pengujung. ada kemungkinan website kita tidak bisa ditampilkan dengan baik pada browser tertentu. untuk itu. sebaiknya yang kita buat diuji dengan beberapa jenis browser


  • Mengoptimalkan Gambar



    Perhatikan gambar-gambar yang kita masukkan pada halaman web. pastikan bahwa gambar-gambar tersebut benar-benar efektif baik ukuran maupun format file-nya. sebaiknya setiap gambar memiliki alternatif teks agar masih terbaca saat pengunjung menonaktifkan fungsi gambar pada browser


  • Rajin membuka Error Log



    Selama server berjalan, segala aktivitasnya akan dicatat, termasuk jika terjadi error. Apache2Triad telah menyediakan Control Panel untuk melihat aktivitas server. pada browser buka alamat http://localhost/apache2triadcp. setelah memasukkan user dan password. pada control panel tersebut, anda bisa mengamati berbagai error pada server. mungkin saja error tersebut disebabkan oleh website yang kita buat.

Selamat mencoba.........




Terima Kasih
Created By Syarief Hidayat



------------------------------------------------------------------------------------------

Blog Archive