Tips Pemeliharaan dan Keamanan Website anda

PPengetahuan tentang pemeliharaan dan keamanan Website mutlak diperlukan oleh seorang webmaster. Tentu sangat disayangkan jika website yang anda buat dengan susah payah tiba-tiba dirusak orang. atau tiba-tiba website tersebut mendadak sepi pengunjung karena anda membiarkannya terlantar.


Hampir setiap pengguna internet menghendaki adanya perubahan pada website yang dikunjunginya. selain tampilan yang cantik waktu loading yang cepat, konten juga menjadi sasaran utama para pengunjung. Untuk itu, "jeratlah" pengunjung agar senantiasa menengok website anda.


Berikut beberapa cara pemeliharaan isi website anda.
  • Buatlah jadwal tetap untuk memperbarui konten website. Untuk menambah atau mengubah isi web walau sebaris berita pun akan membawa perubahan website anda.

  • Agar pengunjung tidak bosan, gantilah perwajahan situs secara berkala. Alangkah baiknya jika anda mempunyai stok desain untuk memudahkan perubahan desain. Manajemen desain bisa menggunakan bahasa pemrograman web, sehingga anda bisa mengubah tampilan website dalam satu kali klik.

  • Berusaha untuk menambah fitur yang menarik, misalnya dengan menyediakan forum diskusi, fasilitas chatting, dan sebagainya.

Selain pemeliharaan pada tampilan dan konten, disarankan juga untuk melihat "apa yang terjadi"dengan website yang anda buat. ketika anda menyewa hosting, biasanya disediakan control panel untuk melihat statistik website. pada control panel juga tersedia menu untuk melihat error log untuk mengetahui berbagai kesalahan yang direkam server ketika pengunjung membuka website anda.
Meski penyedia layanan hosting telah menjamin keamanan server, artinya telah menyerahkan beberapa tugas administrator web kepada orang lain, anda tetap mesti berhati-hati. penyerangan terhadap website bisa juga melalui form yang anda sediakan. atau sipenyerang memata-matai jenis file apa yang anda gunakan untuk kemudian dianalisis.


Beberapa tip untuk mengoptimalkan keamanan website anda.
  • Gunakan enkripsi untuk variabel yang berhubungan langsung dengan database untuk menghindari SQL injections.

  • Mencegah pengisian form secara remote.



    pernahkan anda mendapati buku tamu pada salah satu website yang isinya kaca balau? misalnya pada buku tamu tersebut terdapat berbagai iklan atau link ke situs-situs lain. ya, ketika seseorang tahu program server-side yang anda gunakan, ia bisa mengisi form tanpa melalui prosedur yang telah ditentukan, misalnya dengan sistem remote dari website lain.

  • Jangan biarkan klien melihat file-file pada website anda. jika klien membuka folder yang tidak memiliki file indeks (misalnya index.html.index.php, default.html, dan sebagainya) maka yang ditampilkan adalah daftar file pada folder tersebut. gunakan file index.html pada folder-folder penting, meski isinya hanya tampilan kosong

  • Penyamaran link. Trik ini digunakan jika web server menggunakan Apache. yang dimaksud penyamaran link adalah membuat alamat yang tidak sesungguhnya.

Namun, pengamanan yang lebih penting adalah bagaimana menjaga server agar tidak diserang pihak lain. jika server yang digunakan untuk publikasi website milik sendiri, maka anda harus sering memantaunya, sebelum datang bencana besar seperti hilangnya seluruh data.


Selamat mencoba...........




Terima Kasih
Created By Syarief Hidayat



------------------------------------------------------------------------------------------

Blog Archive