Cara Efektif Ber-Search Engine

Cara Efektif Ber-Search Engine - Jangan asal memasukkan kata kunci saat mencari di search engine. bisa-bisa anda kesasar ke situs yang salah. ikuti tips-tips berikut untuk menemukan informasi yang anda butuhkan.


  • Gunakan mesin pencari yang tepat

    Untuk saat ini, Yahoo, Bing dan Google merupakan pilihan yang paling terpercaya.

  • Jangan gunakan kata kunci yang terlalu umum

    Bayangkan, seberapa banyak hasil pencarian yang anda peroleh apabila hanya memasukkan kata kunci "mobil" dalam mesin pencari. jelas berbeda dengan apabila anda menggunakan kata kunci berupa mobil dari jenis atau merek tertentu.

  • Masukkan kata kunci secara singkat namun jelas

    Banyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga justru mengacaukan hasil pencarian. Gunakan kata kunci yang tepat dan sederhana serta perhatikan ejaannya. kesalahan eja pada kata kunci sering membuat kita nyasar ke situs yang salah.

  • Gunakan operator Boolean

    Kata kunci "OND", "OR", "NOT", dengan kombinasinya sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik. kata kunci Hubble AND biography NOT telescope akan membawa anda ke halaman yang membahas tentang biografi Edwin Hubble dan menghindari masuknya halaman tentang teleskop antariksa dengan nama yang sama pada hasil pencarian.

  • Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh

    Beberapa mesin pencari mensyaratkan pengguna tanda kutip untuk menunjukkan satu farse kalimat. Misalnya: penggunaan kata kunci Hewlett Packard dengan "Hewlett Packard" akan memberikan keluaran yang berbeda. kata kunci yang diapit oleh tanda kutip biasanya memberikan hasil yang lebih akurat. penggunaan tanda kutip juga dapat dikombinasikan dengan operator Boolean untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik.

  • Manfaatkan direktori

    Beberapa mesin pencari menyediakan fasilitas direktori yang akan membawa anda ke topik-topik tertentu yang sudah diklasifikasikan sedemikian rupa untuk memudahkan proses pencarian. mesin pencari yang menggunakan direktori antara lain Yahoo, Lycos, dan Altavista. Untuk mencari informasi yang berkaitan dengan Indonesia, disarankan menggunakan direktori lokal indonesia, misalnya Catcha, Search Indonesia, Naver, atau Incari.

  • Manfaatkan fitur khusus dari mesin pencari

    Beberapa mesin pencari tidak saja menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, tetapi juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman video. sementara itu, mesin pencari semacam MetaCrawler mengirimkan perintah pencarian ke beberapa mesin pencari sekaligus, dan menampilkan hasilnya dalam satu halaman. anda dapat mempelajari fitur-fitur khusus pada mesin pencari favorit untuk mengeksploitasi penggunaanya secara maksimal.

  • Gunakan fungsi "Find" pada browser

    Ketika mesin pencari mengantarkan pada halaman tertentu, anda belum tentu langsung menemukan apa yang dicari disana. jangan lantas kebingungan ketika anda tidak menemukan artikel yang dicari. gunakan fungsi "Find" "Ctrl" + "F" pada browser dan ketikkan apa yang kamu cari.





Terima Kasih
Created By Syarief Hidayat



------------------------------------------------------------------------------------------

Blog Archive